Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menggunakan Fungsi Remove Duplicates MS Excel untuk Menghapus Data Ganda


Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sedikit pengetahuan bagaimana menangani data-data yang ganda pada suatu kolom. Jika kita mencari data yang berganda satu persatu secara manual akan sangat melelahkan, apalagi jika datanya cukup banyak.

salah satu fasilitas yang dipunyai oleh MS Excel untuk menangani masalah tersebut adalah dengan menggunakan "Remove Duplicates". Fungsi ini digunakan untuk mencari dan menghapus data yang berganda pada suatu kolom atau beberapa kolom sekaligus.

Kita bisa mengakses fungsi ini pada Tab Data. Penggunaannya pun sangat mudah berikut ini caranya

  • Saya ambil contoh data berikut. Data di bawah  adalah nama Kota yang akan kita cek dan hapus data yang ganda.
 
  • Langkah pertama adalah blok kolom yang akan kita cek dan hapus data yang ganda. Untuk contoh di atas kita blok semua bagian dari tabel tersebut.
  • Pada Tab Data kita klik "Remove Duplicates" sehingga akan muncul jendela berikut

     

    • Centang kolom yang akan kita cek. Di contoh ini yang kita cek adalah kolom "KOTA". Kemudian centang juga "My data has headers" karena data kita memiliki header. Klik OK untuk mengakhiri.
  • Data yang ganda pada kolom tersebut akhirnya dihilangkan menjadi hanya 9 baris dari 10 baris. Berarti ada satu nama kota yang ganda


    Demikian, semoga bermanfaat.
Previous
Prev Post
Next
Next Post
nurhamim86
nurhamim86 A Mathematics Teacher who also likes the IT world.

Post a Comment for "Menggunakan Fungsi Remove Duplicates MS Excel untuk Menghapus Data Ganda"