Menyelesaikan Permasalahan yang Terkait Himpunan
Jika terdapat Himpunan Semesta (S), kemudian terdapat dua himpunan A dan B terdapat pada S, berlaku:
Untuk memahami penggunaan rumus tersebut terkait konsep Himpunan dalam penyelesaian masalah, perhatikan contoh berikut:
CONTOH 1:
Dari survey yang dilakukan terhadap siswa kelas VII E tentang makanan kesukaan, diperoleh data terdapat 18 anak yang suka makan bakso dan 15 anak suka makan soto. Terdapat 8 anak yang suka kedua makanan tersebut dan 5 anak tidak menyukai kedua makanan tersebut. Dari data tersebut tentukan:
- Gambarkan diagram Venn dari permasalahan tersebut!
- Berapa jumlah siswa kelas VII E seluruhnya?
- Ada berapa siswa yang hanya menyukai makanan bakso?
- Ada berapa siswa yang hanya menyukai makanan soto?
Jawab:
1. Misalkan:
S = himpunan semesta
A = himpunan siswa kelas VII E yang menyukai bakso
B = himpunan siswa kelas VII E yang menyukai soto
$\left( {A \cap B} \right)$ = himpunan siswa kelas VII E yang menyukai bakso dan soto
${\left( {A \cup B} \right)^C}$ = himpunan siswa kelas VII E yang tidak menyukai bakso maupun soto
maka:
$\begin{array}{l} n\left( A \right) = 18\\ n\left( B \right) = 15\\ n\left( {A \cap B} \right) = 8\\ n{\left( {A \cup B} \right)^C} = 5 \end{array}$
Jika digambarkan pada Diagram Venn hasilnya sebagai berikut:
2. Dengan menggunakan rumus di atas diperoleh:
Jadi jumlah siswa Kelas VII E adalah 30 anak.
3. Banyak siswa yang hanya menyukai bakso = $n\left( A \right) - n\left( {A \cap B} \right)$
$n\left( A \right) - n\left( {A \cap B} \right) = 18 - 8 = 10$
Jadi banyak siswa kelas VII E yang hanya menyukai bakso adalah 10 anak.
4. Banyak siswa yang hanya menyukai soto = $n\left( B \right) - n\left( {A \cap B} \right)$
$n\left( B \right) - n\left( {A \cap B} \right) = 15 - 8 = 7$
Jadi banyak siswa kelas VII E yang hanya menyukai soto adalah 7 anak.
CONTOH 2:
Dari survey yang dilakukan terhadap 31 anak siswa kelas VII F tentang mata pelajaran favorit, diperoleh data terdapat 20 anak yang suka mapel Bahasa Indonesia dan 13 anak suka mapel Bahasa Inggris. Terdapat 3 anak tidak menyukai kedua mapel tersebut. Dari data tersebut tentukan:
- Gambarkan diagram Venn dari permasalahan tersebut!
- Berapa jumlah siswa kelas VII F yang menyukai kedua mapel sekaligus?
- Ada berapa siswa yang hanya menyukai mapel Bahasa Indonesia?
- Ada berapa siswa yang hanya menyukai mapel Bahasa Inggris?
Jawab:
1. Misalkan:
S = himpunan semesta
P = himpunan siswa kelas VII F yang menyukai mapel Bahasa Indonesia
Q = himpunan siswa kelas VII F yang menyukai mapel Bahasa Ingris
$\left( {P \cap Q} \right)$ = himpunan siswa kelas VII F yang menyukai kedua mapel
${\left( {P \cup Q} \right)^C}$ = himpunan siswa kelas VII F yang tidak menyukai kedua mapel
maka:
$\begin{array}{l} n\left( S \right) = 31\\ n\left( P \right) = 20\\ n\left( Q \right) = 13\\ n\left( {P \cap Q} \right) = x\\ n{\left( {P \cup Q} \right)^C} = 3 \end{array}$
Jika digambarkan pada Diagram Venn hasilnya sebagai berikut:
2. Dengan menggunakan rumus di atas diperoleh:
Jadi jumlah siswa Kelas VII F yang menyukai kedua mapel adalah 5 anak.
3. Banyak siswa yang hanya menyukai mapel Bahasa Indonesia = $n\left( P \right) - n\left( {P \cap Q} \right)$
$n\left( P \right) - n\left( {P \cap Q} \right) = 15 - 5 = 10$
Jadi banyak siswa kelas VII F yang hanya menyukai mapel Bahasa Indonesia adalah 10 anak.
4. Banyak siswa yang hanya menyukai mapel Bahasa Inggris = $n\left( Q \right) - n\left( {P \cap Q} \right)$
$n\left( Q \right) - n\left( {P \cap Q} \right) = 13 - 5 = 8$
Jadi banyak siswa kelas VII F yang hanya menyukai mapel Bahasa Inggris adalah 8 anak.
Demikian semoga bermanfaat
Salsabila muslekhatus syifa
ReplyDelete